Menu

Mode Gelap
 

Hukum · 8 Agu 2023 20:15 WIB ·

Buntut Dugaan Hinaan Terhadap Presiden RI, Aliansi CMPRO Gelar Muda Talk


 Buntut Dugaan Hinaan Terhadap Presiden RI, Aliansi CMPRO Gelar Muda Talk Perbesar

Anggota Aliansi CMPRO pasca gelar diskusi di Galeri Mbah Cokro di Surabaya (Dokumen DorTimes).

 

SURABAYA, DORTimes || Mengangkat tema ‘Respon Publik Atas Dugaan Penghinaan Terhadap Presiden Republik Indonesia’, Mahasiswa dan Pemuda yang tergabung dalam Aliansi Centrum Muda Proaktif (CMPRO) menggelar Muda Talk di Indonesia Masih Ada Space, tapatnya di Geleri Mbah Cokro di Jalan Prapen No. 6, Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

 

Hadir dalam diskusi itu, sejumlah Aktivis, Mahasiswa, Narasumber, Agung Purwanto (Politisi sekaligus Pengusaha), Moh Syachroni (Politisi), Abdul Adim (Presiden Mahasiswa DEMA) dan Badrut Mutammam (Ketum SEMA).

 

Onky Fachrur Rozie selaku Founder Centrum Muda Proaktif (CMPRO) menyampaikan, kegiatan tersebut digelar karena adanya keresahan atas kegaduhan yang terjadi saat ini. Yakni adanya kritikan yang berbau hinaan secara personal terhadap Presiden RI.

 

“Agenda ini kita buat secara rutin, namun kali ini kita mengalami keresahan yang sama perihal kritikan RG yang menjurus pada dugaan hinaan terhadap Presiden. Tentu ini membuat gejolak ditengah masyarakat dan tumbuh kegaduhan,” ujarnya.

 

Sementara Agung Purwanto menyatakan, peran pemuda selaku agent of control harus muncul membahas isu-isu sosial dalam ruang publik, supaya ruang itu tidak diisi oleh orang yang mengkritik dengan cara menghina secara personal.

 

“Kami tidak sepakat dengan penghinaan secara personal, namun saat ini diperlukan keteduhan sosial untuk menjaga stabilitas investasi ekonomi dan politik, penting ditekankan untuk menjaga stabilitas, agar tidak menjadi ketakutan dimasyarakat, maka tak heran jika penghinaan tersebut berujung pada pelaporan,” katanya.

 

Sebelumnya, Akademisi Rocky Gerung telah menyampaikan permohonan maaf atas ucapannya yang dinilai telah menghina Presiden Joko Widodo dan memicu kegaduhan di masyarakat. Yakni ucapannya yang menyatakan ‘bajingan tolol’.

 

“Saya mengerti bahwa kasus ini kemudian membuka perselisihan di publik antara yang pro dan kontra, itu yang membuat kehebohan yang ditafsirkan menjadi keonaran. Saya meminta maaf karena menyebabkan kalian berselisih,” ucapnya.

 

Diinformasikan, buntut dugaan penghinaan yang diduga dilakukan Rocky Gerung terhadap Presiden tersebut berlanjut pada pengaduan kepada Kapolri. Kini semua laporan dan pengaduan itu informasinya telah ditarik ke Bareskrim Mabes Polri untuk dilakukan penyelidikan.

 

Penulis: M Munir | Editor: Evandz

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Diduga Telah Mencemarkan Nama Baiknya, PJ Kades Laporkan Akun FB Lar – lar dan Akun Tik tok bung_Fauzi

6 April 2024 - 11:01 WIB

Tangani Perkara Di Wilayah Hukum Kejari Tanjung Perak, Kejari Surabaya Terkesan Maling Teriak Maling

3 April 2024 - 05:10 WIB

IPJI Bersama LBH Arjuna Meminta Polres Bogor Profesional Ungkap Kasus Pemalsuan Tanah di Parung

20 November 2023 - 03:16 WIB

Kadisdik Pamekasan Mengambil Keuntungan Dari Pembelian Seragam Marlena dan Sakera

6 November 2023 - 05:16 WIB

H. Her Geram, 3 Truk Tronton Tembakau Jawa Turun Setiap Hari Ke Madura

17 Oktober 2023 - 14:27 WIB

Pelaku Penganiayaan Di Alun – alun Kota Sampang Hingga Kini Belum Diproses, Ketua Ajis : Kita Akan Kawal Perkara Tersebut Hingga Tuntas

3 Oktober 2023 - 17:39 WIB

Trending di Hukum