Menu

Mode Gelap
 

Tokoh · 2 Agu 2023 07:41 WIB ·

Kasus Pembunuhan Di Desa Planggaran Barat, Mendapat Kecaman Tokoh Masyarakat Pantura


 Kasus Pembunuhan Di Desa Planggaran Barat, Mendapat Kecaman Tokoh Masyarakat Pantura Perbesar

SAMPANG,DORTimes.com | Salah satu tokoh masyarakat di wilayah pantura Banyuates – sampang KH Saiful Islam mengecam aksi pembunuhan yang terjadi di Desa Planggaran Barat, Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang, pada Selasa (1/8/2023).

Tokoh yang juga merupakan salah satu Alumni senior PP. Sidogiri Pasuruan Jawa Timur ini menyatakan kasus Dengan Motif Isu Santet cukup marak terjadi di Provinsi Jawa timur.

“Sekali lagi terjadi pembunuhan yang diduga isu santet, Hendaknya kasus seperti ini benar-benar menjadi perhatian semua pihak baik Tokoh Agama,Ormas,Tokoh ulama,Pemerintah dalam hal ini eksekutif,dan juga legislatif termasuk juga lembaga swadaya masyarakat ( LSM )
“ungkapnya.
Apalagi kasus yang menurut informasinya adalah isu santet, Tentu memerlukan langkah antisipatif untuk meminimalisir agar kasus serupa tidak kembali terjadi di Sampang khususnya Kecamatan Banyuates.

“Secara pribadi, saya mengecam keras, sebagai warga negara yang berketuhanan, perbuatan itu sungguh diluar nalar kita.sementara muncul dugaan dugaan yang mengarah ke suatu hal yg bersifat kasat mata, perlu adanya langkah yang memang harus segera di lakukan, mungkin salah satunya dengan jalan duduk bersama baik antar warga, pemuka agama setempat dan pihak Pemerintahan, Jika perlu Libatkan Aparat penegak Hukum untuk Mencegah terjadinya konflik di masyarakat yang memicu terjadinya Kasus pembunuhan tersebut,” kata Gus Syaiful.

Lebih jauh,Gus Saiful Islam yang juga salah satu pengurus Almustopa (Aliansi Musyawarah Ulama’ dan Tokoh Pantura) menegaskan, yang terjadi selama ini adalah kekeliruan pemahaman masyarakat berkaitan dengan substansi santet itu sendiri. Perdebatan lebih banyak mengarah ke soal pembuktian. Padahal santet tidak perlu dibuktikan karena masih sukar diterima secara logis. Hal yang perlu dibuktikan adalah penyebarluasan kemampuan santet yang dimiliki seseorang, baik bertujuan mencari keuntungan maupun tidak. Ranah hukum bukanlah tempat untuk membuktikan ada tidaknya santet, apalagi hanya berdasar pada sebuah dugaan lantas melakukan aksi pembunuhan.

Selain itu menurut gus syaiful islam kedepan peran dari para tokoh agama dan juga tokoh masyarakat tidak kalah penting. Dalam rangka memberikan edukasi masyarakat agar lebih religius dan terhindar dari aksi serupa.

“Bukan hanya agama Islam, tapi saya rasa seluruh agama mengecam aksi pembunuhan seperti yang terjadi di Planggaran Barat ini, Motifasi yang berdasar pada Dugaan tanpa bisa dibuktikan oleh siapapun dan apapun.”Kata Gus Islam ( Sapa’an Akrab )

Artikel ini telah dibaca 646 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kepala Desa Tegangser Laok Pamekasan: Dirgahayu Republik Indonesia ke 78

27 Agustus 2023 - 04:24 WIB

Jalin Sinergitas Pasca Pilkades Serentak, Kasat Intelkam Polres Bangkalan Sampaikan Beberapa Pesan.

7 Agustus 2023 - 18:07 WIB

Trending di TNI / Polri