Menu

Mode Gelap
 

Budaya & Pariwisata · 7 Agu 2023 07:38 WIB ·

Sekdes Rekkerrek Sebut UMKM Batik Solusi Efektif Untuk Permasalahan Ekonomi Masyarakat Pamekasan


 Sekdes Rekkerrek Sebut UMKM Batik Solusi Efektif Untuk Permasalahan Ekonomi Masyarakat Pamekasan Perbesar

PAMEKASAN, DORTimes.com – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Seni Batik bisa menjadi solusi yang efektif bagi permasalahan ekonomi masyarakat, utamanya di Daerah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang Tokoh Pemuda dari Desa Rekkerrek, Kecamatan Palengaan M Hasyim yang sejatinya juga merupakan Sekretaris Desa (Sekdes) setempat.

“Pengrajin Batik Desa Rekkerrek bekerjasama dengan Pemerintah Desa yang hal itu Bumdes Sejahtera telah membuktikan kalau UMKM Seni Batik menjadi solusi yang efektif untuk permasalahan masyarakat Desa Rekkerrek,” ujarnya, Senin (7/8/2023).

Untuk menggairahkan keinginan masyarakat Desa Rekkerrek, kata dia, beberapa hari yang lalu bertempat di Dusun Gunung Tanges Rekkerrek pihaknya telah melaksanakan pelatihan membatik.

“Alhamdulillah dalam kesempatan itu para pengrajin atau peserta pelatihan sangat antusias mengikuti, dan Alhamdulillah dalam pelatihan kali ini menemukan motif baru yang kualitasnya sangat bagus,” jelasnya.

Sebelumnya, urai M Hasyim, pengrajin batik Dusun Gunung Tanges Desa sudah bekerjasama dengan Galeri Bumdes Sejahtera (Bumdes Rekkerrek, red) yang telah memasarkan atau menjual hasil produk pengrajin seperti songkok batik dan kain batik tulis.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat Desa Rekkerrek terus berinovasi semangat menggairahkan diri dalam seni batik atau pembuatan batik agar ekonomi masyarakat Desa Rekkerrek semakin meningkat,” tukasnya.

Pihaknya berjanji siap membantu apapun yang dibutuhkan para UMKM atau para pengrajin batik di Desanya.

“Kami yakin dengan ijin Allah, apa bila pengrajin bergairah ekonominya akan bertambah dan kehidupannya sejahtera,” tegasnya.

( M Munir )

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis